Berita  

Joe Biden Ingin Palestina Merdeka dan Hamas Lenyap

JAKARTA,87news.id – Presiden Joe Biden mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Hamas harus dilenyapkan dari muka bumi. Ia juga menginginkan agar Palestina segera merdeka.

“Perlu ada Otoritas Palestina. Perlu ada jalan menuju negara Palestina,” kata Biden dalam wawancara dalam program “60 Minutes” CBS.

Secara historis, Amerika Serikat adalah salah satu sekutu terbesar Israel, meskipun AS juga mendukung solusi dua negara, yang akan menciptakan negara Palestina terpisah di samping Israel, dikutip dari CNBC, Selasa (17/10/2023).

Selama beberapa dekade, kedua pihak telah berjuang untuk hidup berdampingan, salah satunya disebabkan oleh klaim yang tumpang tindih atas kota suci Yerusalem, yang dianggap oleh Palestina dan Israel sebagai ibu kota mereka.

Presiden AS telah mencoba merundingkan solusi dua negara di Timur Tengah dengan tingkat kemanjuran yang berbeda-beda.

Dalam wawancara tersebut, Biden mengatakan bahwa meskipun Hamas perlu dinetralisir, kelompok tersebut tidak “mewakili seluruh rakyat Palestina. Merupakan suatu kesalahan jika Israel menduduki Gaza lagi.”

Sebelumnya, penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan juga menyerukan perlindungan terhadap warga sipil yang tidak bersalah.

“Banyak sekali warga Palestina yang tidak ada hubungannya dengan organisasi teroris brutal Hamas, mayoritas penduduk Gaza, mereka layak mendapatkan martabat. Mereka berhak mendapatkan keselamatan dan keamanan,” katanya dalam sebuah wawancara.

Sumber:Liputan6

Redaktur:Putra

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *